10 Tempat Wisata Bojonegoro yang Menarik Untuk di Kunjungi

Genyo.id | Kabupaten Bojonegoro adalah sebuah kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di utaranya, Kabupaten Lamongan di timurnya, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi di selatannya, serta Kabupaten Blora, Jawa Tengah di baratnya,

Bojonegoro pada masa lalu, ialah merupakan wilayah yang mendapat pengaruh kuat dari kebudayaan Hindu yang datang sejak abad I. Dan hingga sampai abad ke 16, Bojonegoro merupakan salah satu bagiandl dari Kerajaan Majapahit. Kemudian pada abad ke 16 Bojonegoro masuk ke dalam kekuasaan kerajaan Demak. Setelah ajaran Islam mulai menyebar di tanah Jawa akhirnya pengaruh budaya Hindu terdesak dan muncul nilai-nilai baru dalam masyarakat disertai dengan adanya pergolakan yang masuk dalam sejarah kerajaan Pajang di tahun 1586 setelah itu kerajaan Mataram 1587.

Bojonegoro mungkin kota yang tidak besar atau bisa dibilang kota kecil, tetapi di wilayah Bojonegoro sendiri banyak tersimpan hal-hal yang patut untuk dieksplor dan di gali lebih mendalam, baik dari segi sejarah, budaya dan bagaimana masyarakat-nya berkembang. Semua hal yang menjadi bagian wilayah ini sangat menarik untuk digali, seperti halnya dari kebudayaan, tradisi, makanan khas dan tentu saja pariwisata-nya.

Berbicara tentang wisata, apa saja sih wisata yang ada di kota Bojonegoro? Nah, Berikut ini mimin akan mengulas 10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Menarik Untuk Dikunjungi. Yang bisa untuk kalian buat refrensi yang mau atau akan berkunjung di bojonegoro.

10 Tempat Wisata Bojonegoro yang Menarik

Wisata di Bojonegoro

1. Kayangan Api

Kayangan Api

“Kayangan Api” atau api kayangan adalah salah satu obyek wisata yang cukup atau sangat populer di kabupaten Bojonegoro, Kayangan Api yang merupakan sumber api abadi atau yang tak pernah padam sekalipun. wisata kayangan ini terletak di desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, sebuah desa yang memiliki areal hutan kurang lebih seluas 42,29% dari luas desa.

Api yang keluar sebagai sumber api abadi obyek wisata ini merupakan sumber api dari alam, dan mungkin juga merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara. Pada saat pengunjung akan menuju lokasi wisata Api Kayangan, mereka akan terlebih dulu melewati indah-nya hutan jati yang hijau dan rindang. Sesampai-nya di lokasi, akan ada gapura dengan jajaran tiang yang akan menyambut.

Di tengah-tengah tiang tersebut terdapat lingkaran batu yang mengeluarkan gelombang panas, tempat di mana si api abadi bersemayam. Dan di sini terdapat pula sumber air blerang yang juga masih di lingkungan kawasan wisata kayangan api.

2. Bukit Cinta/Atas Angin

Atas Angin

Atas Angin adalah merupakan sebuah wisata baru yang berlokasi dibagian selatan kota Bojonegoro. tepatnya di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. jaraknya kurang lebih 50 KM dari pusat kota. Lokasi ini menjadi favorit wisatawan, dikarenakan banyak-nya spot indah dari bentangan alam selatan Bojonegoro.

Karena banyaknya panorama indah, ditempat ini sering kali menjadi lokasi pemotretan terutama untuk fotografi prewedding. Selain itu, banyak pengunjung yang memilih ber camping di atas bukit yang biasa disebut dengan bukit cinta, untuk bisa menyaksikan indahnya sunraise.

“Bukit Cinta” ini menurut cerita masyarakat setempat, dulu-nya adalah merupakan tempat pertemuan Dewi Sekar Sari dan Raden Atas Aji, yaitu sepasang kekasih yang di pertemukan saat dalam pelarian ketika terjadi perang dizaman Kerajaan Mataram dan Pajang. Kedua-nya di kisahkan bermukim di lokasi Atas Angin sampai akhir hayatnya.

Kondisi alam di sekitar Atas Angin memang memanjakan mata saat memandang. Hampir di sepanjang perjalanan menuju lokasi ini, wisatawan akan di suguhi pemandangan yang indah .

3. Wana Wisata Dander/Tirta Wana Dander

Tirta Wana Dander

Tirta Wana Dander), adalah suatu tempat wisata alam yang berada sekitar 15 km selatan Kota Bojonegoro, lebih tepatnya berada di Desa Dander, Kecamatan Dander, Jawa Timur. Lokasi wisata ini merupakan salah satu wisata ungulan dari Kabupaten Bojonegoro, sehingga tempat ini sangat ramai pengunjung jika di akhir pekan atau dihari libur.

Disana kalian juga dapat melihat pesawat tempur berjenis F-86 Sabre (No. TS-8609) buatan Amerika Serikat yang diserahkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Soekardi kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 29 Juli 1984 dan sekarang dijadikan ikon dari Wana Wisata Dander atau (Tirta Wana Dander) .
Taman Wisata Tirta Wana Dander juga menawarkan segala fasilitas terbaiknya buat para pengunjung. Selain itu tempat ini memiliki keindahan alam, serta pepohonan yang rindang, kolam renang serta terdapat lapangan golf. Banyak fasilitas menarik lain dari Taman Wisata Tirta Wana Dander seperti Fountain Ground/Air Mancur dari Lantai, wahana meluncur ke kolam renang yg memiliki ketingiian 15 meteran, Gazebo, sarana permainan untuk anak, dan double pool, yakni kolam renang ganda.
Selain wahana rekreasi, fasilitas pendukung lain berupa ruang pertemuan, plaza (lapangan terbuka), penginapan, serta food court (pusat jajanan dan toko) juga ada ditempat ini.

4. Air Terjun Kedung Maor

Kedung Maor

“Air Terjun Kedung Maor” adalah merupakan air terjun yang air-nya ber-asal atau bersumber dari aliran Kali Soko dan air limpahan dari Waduk Pacal di Bojonegoro. Aliran air di air terjun ini cukup stabil jadi dimusim kemaraupun air terjun ini tetap indah. Sehingga Air Terjun Kedung Maor sudah sangat terkenal bagi para wisatawan dan malah bias menjadi salah satu destinasi wisata andalandari Kabupaten Bojonegoro.

Air Terjun Kedung Maor berlokasi di pertengahan hutan atau lebih tepatnya di kawasan hutan (“Resort Pemangkuaan Hutan”) RPH Tretes, (“Kesatuan Pemangkuan Hutan”) KPH Bojonegoro. Air terjun tersebut bisa ditempuh sekitar satu jam setengahan (“40 KM”) dari Kota Bojonegoro ke arah selatan (“Arah Nganjuk”). Sayangnya wisata ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Bojonegoro, sehingga pengelolaannya kurang maksimal. Lokasi dari Air Terjun Kedung Maor ini di Kecamatan Temayang, tepatnya di Desa Kedungsari, Bojonegoro.

5. Alun-alun Bojonegoro

Alun-Alun Bojonegoro

Wisata Bojonegoro – alun-alun merupakan fasilitas yang di bangun oleh pemerintah untuk berbagai kegiatan masyarakat seperti pentas seni, pertunjukan wayang kulit, dan sebagai sarana untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Letaknya yang berada di pusat Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sehingga lokasi ini dikelilingi oleh tempat-tempat penting seperti di bagian barat alun-alun berdiri sebuah Masjid Agung Bojonegoro, Tepat di bagian selatan alun-alun Bojonegoro berdiri suatu kantor residen (“Bakorwil”), dan di bagian Timurnya adalah tempat berpusatnya kantor pemerintahan kabupaten dimulai dari Pendapa kabupaten, Gedung Pemkab Kabupaten Bojonegoro dan Gedung DPRD. Dan Di utara Alun-Alun adalah Kantor Satlantas Polres Bojonegoro (“bekas kantor Korwil Bojonegoro”), Kantor Perhutani dan Pasar Kota Bojonegoro.

Setiap malam tempat ini akan semakin ramai oleh masyarakat Bojonegoro atau warga pendatang yang kebetulan sedang berada di Bojonegoro, yang ingin menikmati suasana malam dari kota Bojonegoro. Sehingga fasilitas umum bagi kenyamanan masyarakat pun juga di aksimalkan dengan baik.

6. Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo

Kebun Belimbing

Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro, adalah merupakan tempat wisata perkebunan yang berlokasi di Desa Ngeringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Perkebunan blimbing ini sendiri memiliki luas area kurang lebih 19.3 hektar, yang di kelola oleh 80 pekebun.

Di desa ini hampir semua warganya berprofesi sebagai petani buah belimbing. Sehingga jadilah tempat ini sebagai Agrowisata Kebun Belimbing dan menjadi sebagai salah satu produk andalan yang juga menjadi ikon Kabupaten Bojonegoro.

Mayoritas petani diwilayah ini mengembangkan Varietas belimbing jenis belimbing madu,yaitu belimbing yang mempunyai ukuran besar dan rasa yang manis.

Di agrowisata ini, para pengunjung diperbolehkan memetik buah belimbing dan mencicipi-nya secara gratis. Jika kalian ingin membeli, untuk harga perkilonya berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 4.000,- dan untuk ukuran kecil 5.000,- sampai 8.000,- untuk ukuran besar atau jumbo. Selain bisa memperoleh oleh-oleh buah belimbing pengunjung juga bisa menikmati oleh-oleh kerupuk belimbing dan aneka olahan yang berbahan dasar belimbing.

7. Bendungan Gerak

Bendungan Gerak

Masih di Desa ngringin rejo. Jika berkunjung di Argowisata Blimbing jangan lupa mampir di Bendungan gerak juga.

Bendungan Gerak adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Tempat ini sangat indah dan juga bisa memberikan sensasi tersendiri dengan aktivitas kita sehari-hari. Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro ini mempunyai pesona ke-indahan yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Sangat di sayangkan jika kalian berada di kota Bojonegoro tidak mengunjungi wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan kalian, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur lain-nya. Keindahan wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro ini sangatlah baik bagi kalian semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Bendungan Gerak di kota Bojonegoro. Sekaligus berkunjung ke Agrowisata kebun belimbing.

8. Waduk Pacal

Waduk Pacal

Wisata Bojonegoro – waduk pacal berada di 35 km selatan wilayah Bojonegoro, lebih tepatnya di di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Merupakan bangunan peninggalan pemerintahan Belkalian yang berfungsi untuk dijadikan sumber irigasi bagi para petani yang berada diwilayah disekitaran waduk. Sebelum sampai ke waduk pacal kalian akan disuguhi keindahan khas hutan jati dia areal Pegunungan Kendeng yang luas.

Saat musim hujan tiba debit air di waduk pacal akan semakin tinggi dan membuat waduk akan semakin menarik untuk dilihat, apalalagi di selatan waduk ada semacam gugusan pulau kecil yang bisa untuk disinggahi. Tentunya untuk mencapai kesana kalian bisa memanfaatkan perahu milik warga, denga harga tak terlalu mahal untuk sekali jalan pulang pergi menuju pulau kecil tersebut, tarifnya hanya berkisar Rp 20.000. Bila ingin berwisata kuliner kalian juga bisa, karena di sekitar Waduk Pacal juga tersedia warung-warung.

9. Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi

Wisata Bojonegoro – karena semakin majunya suatu wilayah maka tempat ruang terbuka hijau pun sangat dibutuhkan untuk selalu menjaga tingkatan polusi udara yang ada di daerah perkotaan. Maka pemerintah Bojonegoro membuat sebuah ruang terbuka hijau yang bernama Taman Rajekwesi.
Taman Rajekwesi dibangun untuk memfasilitasi masyarakar Bojonegoro untuk bersantai. Selain itu dengan adanya ruang terbuka hijau ini masyarakat dapat memanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga atau dengan teman-teman. Sehingga banyak menimbulkan efek positif, karena dengan adanya taman ini kita bisa saling bersosialisasi dengan pengunjung lainnya.

10. GoFun Bojonegoro

GoFun

GoFun Bojonegoro adalah merupakan themepark pertama di Bojonegoro yang telah buka di pertengahan tahun 2016, di dalam GoFun terdapat berbagai wahana permainan berhiaskan lampu-lampu yang cantik. Sejak mulai dibukanya, GoFun Bojonegoro langsung banyak dikunjungi pengunjung.

Banyak wahana permainan yang dapat kalian mainkan antara lain Badut Ngguyu, Bal Mencolot, Bal Ngelinding, Balang Kaleng, Bandem Badut, Basket, Botol Ngadeg, Bowling, Gelas Ajaib, Hulahop, Ketapel besar, Lempar Bola, Nglundang lundung, Nyeneper, Panahan,Roda Hadiah, Soccer, Bidik Balon, Kodok Mencolot dan Pancing Bebek, selain itu ada juga pertunjukkan Rumah Jagal, Air Mancur Menari, Rumah Kaca, pertunjukkan Film anak dan remaja dan Jungle Safari. Nama permainannya unik yah, karena memang diambil dari bahasa Jawa.

Ada juga wahana yang dapat kalian naiki antara lain Beruang Madu, Bumper Car, Dermolen, Galaxy, Happy Disco, Jungle Safari, Kereta Koboy, Pirate Ship, Rodeo Bull, Tarian Ubur Ubur dan Komedi Putar. Seperti apa permainannya? Bisa kalian lihat galerinya di atas.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Menarik Untuk Dikunjungi semoga dapat membantu kalian yang lagi mencari refrensi Tempat wisata di bojonegoro.