Wisata Waduk Pacal Bojonegoro Jawa Timur

Wisata Waduk Pacal Bojonegoro Jawa Timur

Genyo.id | Sejarah Waduk Pacal Bojonegoro Jawa Timur – Sejarah pembuatan waduk pacal yaitu merupakan sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1933. Berlokasi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Provinsi Jawa Timur. (Bojonegoro Selatan)

Tempat atau fungsi waduk pacal dibangun untuk mencukupi kebutuhan irigasi pertanian di wilayah sekitar hingga pada saat ini.

Waduk pacal Bojonegoro

Wisata Waduk Pacal Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Keindahan alam di sekitar waduk membuatnya tak sekedar tempat penampungan air. Pepohonan rindang yang menghiasi kawasan Waduk Pacal membuat sejuk dan nyaman wisatawan yang datang.

kalian dapat menikmati berkeliling waduk dengan menyewa perahu yang disewakan di lokasi. Selain itu, aktifitas memancing juga dapat dilakukan di lokasi ini. Dengan kondisi alam yang rindang, Waduk Pacal menjadi tempat piknik bersama keluarga. Banyak pengunjung memilih tempat ini untuk melakukan pengambilan gambar prewedding dan fotografi.

Tiket Masuk Waduk Pacal

Harga tiket cukup murah, yaitu hanya Rp. 5.000,- para wisatawan sudah dapat menikmati lokasi wisata ini. Setiap weekend dan hari libur, lokasi ini selalu ramai dikunjungi. Banyak pengunjung yang memilih menikmati waktu liburnya di tempat ini karena lokasinya yang nyaman.

Transportasi

Waduk Pacal berjarak hanya satu jam dari Kota Bojonegoro. Cara termudah untuk sampai disana yakni dengan bergabung dengan tur, atau menyewa mobil di hotel penginapan kalian. Selama perjalanan, kalian dapat menikmati kerindangan hutan di jalan menuju lokasi.

Tempat Makan

Warung Semok
Jl. Raya Waduk Pacal – Nganjuk, Temayang, Bojonegoro

Warung Semok berada sekitar 3Km dari lokasi wisata Waduk Pacal. Warung ini menjual makanan khas, yaitu Ikan Gloso dan Nila yang didapatkan dari perairan waduk. Selain itu ada juga udang goreng yang disajikan dengan sambal uleg khas pedesaan.Meski hanya warung sederhana, tapi tempat ini selalu ramai dengan pembeli.

Tempat Menginap

Karena Waduk Pacal hanya satu jam dari Kota Bojonegoro, pengunjung dapat memilih hotel atau penginapan di wilayah kota. Hal ini dikarenakan belum tersedia hotel dan penginapan di wilayah Kecamatan Temayang.

Tempat Belanja

Kalian dapat berkunjung ke Desa Jono, Kecamatan Temayang, yang terkenal dengan souvenir batik khas Bojonegoro, yaitu Batik Jonegoroan. Lokasi Desa Jono tidak terlalu jauh dari Waduk Pacal.

Saran

  • Kalian dapat mengunjungi Waduk Pacal saat musim kemarau belum pada puncaknya, karena saat puncak, air di waduk sudah habis.
  • Ada baiknya kalian menggunakan topi atau payung saat mencoba menikmati bangunan waduk yang menjadi ikon dari lokasi wisata.
  • Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah cukup penting, karena di lokasi hanya ada beberapa warung kecil.

    Peta Waduk Pacal Bojonegoro

    – Waktu Kunjungan Terbaik: Setiap waktu (kecuali saat puncak kemarau)
    – Pemandu: Tersedia (lewat jasa tur / travel)
    – Waktu Operasional: Setiap hari.

    iwak apa bae kang bisa diingu ing waduk pacal
    misteri waduk pacal bojonegoro

Nerimo Ing Pandum

You might also like