Arti Filosofi Sawang Sinawang

Genyo.id | Sawang Sinawang Artinya? Sawang Sinawang adalah kata yang berasal dari bahasa Jawa “Sawang” yang jika di artikan dalam bahasa Indonesia berarti “Lihat / Pandang”. Jadi, makna rincinya yaitu sama-sama Melihat atau Memandang antara satu orang dengan orang lainnya. Tetapi untuk dapat memahami arti dari kata sawang sinawang tidak cukup dengan mengartikan kata per katanya saja. karena memang Sawang sinawang mempunyai arti filosofi yang mendalam.

Makna Filosofi Sawang Sinawang

Sebenarnya sawang sinawang sendiri mempunyai makna filosofi yang dalam di pandangan masyarakat Jawa. Kata sawang sinawang bagi masyarakat jawa sangat erat kaitannya untuk mengajak orang memiliki rasa syukur. Karena dengan bersyukur kita tidak akan mengeluh. Kata sawang sinawang mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan tidak membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain.

Sawang Sinawang

Contoh Sawang Sinawang

Kita mengambil contoh dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan seperti dalam kehidupan kita selalu melihat keadaan orang lain yang hidupnya sedikit mujur dari kita lalu membandingkannya dengan keadaan yang kita jalani.

Dan kita beranggapan sepertinya enak sekali hidup seperti begitu, enak ya menjadi itu, wah.. enak ya berada di posisi itu, dan lain sebagainya. Nah, jika diteruskan kedengarannya menjadi seperti keluh kesah dan tidak mensyukuri hidup yang telah diberikan Tuhan.

Contoh lain

Orang kaya dan orang miskin, misalkan saja kalian adalah seorang karyawan yang mempunyai bos yang sangat kaya raya. Bos kalian mempunyai semuanya tetapi keluarga berantakan. Sedangkan kalian sederhana tetapi keluarga harmonis.

Dilihat dari sini apakah bos yang kaya raya tersebut bahagia hidupnya? Belum tentu, karena bisa saja bos tersebut ingin mempunyai hidup seperti kalian. sederhana tetapi mempunyai kawan dan keluarga yang harmonis.

Walapun kalian hanya seorang karyawan tetapi kalian mempunyai kerabat yang baik, keluarga kalian harmonis dan kalian harus bisa menyukuri secuil apapun yang telah diberikan Allah. Jika kalian tidak melihat secuil nikmat yang diberikan-Nya cobalah untuk mencari orang yang dibawahmu jangan orang yang berada diatasmu.

Penjelasan Makna Sejatine urip kuwi mung sawang sinawang

Teruslah bersyukur, Karena sebagaimana kita memaknai kehidupan seperti itulah kita menjalaninya. Didalam filosofi Jawa, ungkapan (” Sejatine urip kuwi mung sawang sinawang “) memiliki arti kurang lebihnya yaitu (” Hakekat hidup itu hanyalah persoalan bagaimana seseorang memandang atau melihat sebuah kehidupan “).

Begitu sederhana kata tersebut, tetapi memiliki makna yang sangat mendalam, itulah filosofi Jawa. Persoalan memandang orang lain dan “dioandang orang lain ternyata amat sering kita temui dalam kehidupan dan bahkan kita alami sendiri. Bahwa terkadang dalam kehidupan ini,  bayangan dari kenyataan merupakan sesuatu yang ingin diterima pikiran kita, sementara kenyataan yang didapat kadang sama sekali tidak sama atau bahkan tak pernah kita ketahui.

Tahu mengapa hidup kita mulai tidak enak? Karena kita mulai membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain, Membandingkan apa yang mereka punya, Terselip rasa iri akan jalan mereka yang lurus dan mudah, sedangkan jalan kita berputar-putar dan berliku. Kemudian menginginkan perjuangan mereka yang begitu mudah, sedang perjuangan kita begitu sulit hingga seringkali diri merasa payah.

Membandingkan adalah aktivitas tiada akhirnya, karena kita akan mengeluh dengan keadaan yang tidak seperti diharapkan. dan oleh sebab itulah kita lupa tentang hakikat bersyukur.

Maka, terdapat juga sebuah filosofi masyarakat jawa yang juga mengingatkan kita bahwa “wong urip kuwi ngundhuh wohing pakarti, tegese wong kuwi bakal nompo wales opo kang ditindakake. yang artinya orang akan memperoleh balasan apa yang telah dilakukan selama hidupnya.

Disadari atau tidak, bayangan tentang hidup seseorang seringkali berbeda dengan kenyataan. Hingga, pada akhirnya hanya jika kita mampu menguasai seni memandang atau melihat kenyataan hidup pribadi maupun orang lain, maka kita bisa menjadi lebih peka terhadap kelemahan dan kekuatan diri serta mengerti kesulitan yang dihadapi orang lain. Kita akan bersyukur dengan sesuatu yang bahkan itu sangat kecil dan sederhana.

Semoga kita semua senantiasa ditetapkan sebagai golongan orang yang pandai untuk bersyukur.

Quotes Kata-Kata Sawang Sinawang

Untuk memotivasi atau menyemangati diri, berikut ini admin akan share beberapa kumpulan ucapan atau quotes tentang sawang sinawang, dari kata-kata bijak sawang sinawang, sampai kata-kata lucu beserta gambar sawang sinawang.

“Sawang Sinawang”
Apa yang nampak pada kasat mata dan “Endah” adanya. Tidak bisa dijadikan tolak ukur. Mensyukuri dan menjalani dengan ikhlas sebagai REM. Semelehe ati kanggo nedho nrimo titahing Gusti Allah.

YourQuote/Ria

Urip iku mung sawang sinawang,
Mula aja nyawang mung nyawang sing kesawang.

YourQuote/Etnik Muslimah

Hidup yang kau keluhkan kadang adalah hidup yang orang lain inginkan.

Cutthroat Hippie Gang

Urip iku sawang sinawang.
Ketoke sugih jebul kere.
Ketoke kere jebul Tenan.

Kaskus

Urip iku sawang sinawang, tapi yo ojo nyawang nduwur ae, mulane uripmu serba kurang, coba nyawango sing ngisor ben iso bersykur.

Fb/Agni ayu

Urip iku mung sawang sinawang, mulakne kuncine yo mung sabar lan syukur

YourQuote – Yudhanti

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang Arti kata Sawang Sinawang. Semoga dapat menambah wawasan kalian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar