11 macam manfaat ikan asin untuk kesehatan

                   Khasiat Ikan Asin.

images%2B%252811%2529


Mungkin dari kita banyak yang meremehkan salah satu jenis makanan ikan khas Indonesia.
Ikan asin memang dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat umum, karena hanya sebagai makanan lauk pauk untuk kalangan masyarakat miskin.
Ternyata ada beberapa jenis ikan asin, yang harganya tidak bersahabat di kalangan bawah, alias harganya cukup mahal di kalangan bawah.
Salah satu yang membuat ikan asin ini popular yaitu, selain harganya yang relatif murah dan terjangkau yaitu, rasa khasnya yang dijadikan lauk untuk sayuran, seperti,  sayur asem.

Proses ikan asin.

Ikan  ini diproses caranya diasinkan dengan menggunakan garam, lalu dijemur selama beberapa hari dengan tujuan mengawetkan ikan.
Tak heran, Bila ikan asin dapat bertahan lebih lama dibandingkan ikan segar, yang kira-kira hanya bertahan 3-4 hari saja.
Ada beberapa jenis ikan yang sengaja diasinkan untuk dijual,

Berikut ini beberapa jenis ikan asin yang sangat populer.

Ikan Mujair
Ikan Sepat
Ikan Teri
Ikan Gabus
Ikan Tongkol
Ikan Layang
 Berikut ini beberapa Khasiat dari ikan asin.
 Khasiat Ikan Asin Baik Bagi Kesehatan dan Juga Memiliki Nilai Ekonomi

Sebagai lauk-pauk

Khasiat ikan asin yang pertama adalah, dapat dikonsumsi sebagai lauk- pauk yang disandingkan dengan nasi putih dan sambal, sesuai selera kita, hal ini merupakan salah satu cara mengkonsumsi ikan asin yang paling umum.
Selain itu ikan asin dapat di manfaatkan untuk campuran berbagai macam masakan, tentu akan menambah cita rasa dari masakan yang akan kita makan.

Ikan asin Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Ikan asin juga memiliki kandungan kalcium dan fosfor  bahkan tergolong tinggi, beberapa fakta menyebutnya, bahwa ikan asin kering berjumlah 100 gram, memiliki kandungan fosfor sebanyak 300 mg dan kalsium sebanyak 200 mg, fosfor dan kalsium sangat bemanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi kita.
Khasiat lainnya yaitu :
Dapat Menambah tinggi badan pada waktu pertumbuhan
Memperkuat struktur tulang
Mencegah kelainan pada tulang
Mencegah osteoporosis

Dapat Membantu mempercepat penyembuhan luka

Manfaat dari ikan asin, dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, apabila kita mengalami hemophilia, kandungan yang menyembuhan luka, pada ikan asin berasal dari zat besi yang cukup tinggi yang ada pada dagingnya, yaitu sekitar 3 mg per 100 gr ikan asin tersebut.

Dapat Mencegah terjadinya anemia

Zat besi  yang tinggi, yang ada di dalam ikan asin ini, sangat berguna bagi tubuh kita, untuk mencegah terjadinya anemia.
Anemia yaitu merupakan gejala kekurangan darah, zat besi tinggi yang ada pada ikan asin. ini yang sangat membantu tubuh waktu meproduksi sel darah, bahkan dapat berguna untuk mencegah anemia,
Berikut ini beberapa gejala dari anemia :
Mudah merasa lelah
Sering kali merasakan pusing dan sakit kepala
Munculnya gejala Letih, lemah, lesu, lemas dan juga lunglai
Memiliki resiko tinggi terserang penyakit
 Sering tidak fokus dalam melakukan sesuatu atau aktivitas

Dapat Menjaga daya tahan tubuh

Fakta ikan asin juga mampu untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh anda, hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang terdapat pada ikan asin, apabila daya tahan tubuh kita bagus, maka anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Dapat Membantu pembentukan otot

Khasiat ikan asin yang lain-nya yaitu, Ikan asin memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sekitar 42 gr protein per 100 gr ikan asin.
Protein ini sangat bermanfaat untuk membentuk otot anda, dan dapat menambah masa otot kita, terutama bagi anda yang sedang melakukan program pembentukan otot dan diet.
Namun demikian kandungan garam yang tinggi pada ikan asin, membuat anda tidak di perbolehkan terlalu sering mengkonsumsinya.

Sumber energi untuk tubuh

100 gr ikan asin kering, bisa memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal, hal ini sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh kita dalam sehari.
Terutama apabila dikombinasikan dengan makanan lain, yang tentunya memiliki nilai gizi yang tinggi pula.

Dapat Menjaga kesehatan kulit

Ikan asin ini memiliki banyak sekali kandungan mineral yang  baik untuk kesehtan kulit,
Berikut adalah beberapa kandungan dari ikan asin, Tentunya sangat baik untuk kesehatan kulit anda, yaitu, vitamin E, Omega 3 selenium,dan juga asam lemak essensial yang penting bagi kulit anda.

Dapat mencegah penyakit jantung

Ikan asin ternyata memiliki kandungan Khasiat omega 3 yang cukup tinggi sobat.
Oleh karena itu ikan asin sanga bagus dan berguna untuk mencegah penyakit jantung dan beberapa gangguan jantung.
Begitu juga dengan kolestrol, karena omega 3 pada ikan asin sangat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat, yang ada pada tubuh kita.

Dapat Mengurangi faktor resiko dari kanker kulit

Vitamin E yang terkandung pada ikan asin dapat juga untuk melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
Bahkan dapat mencegah terjadinya kanker kulit, yang disebabkan oleh radiasi sinar UV dari sinar matahari.


Dapat menjaga kesehatan untuk mata

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, vitamin juga sangat baik bagi ketahanan dan imunitas tubuh kita, vitamin A ini tentu saja akan sangat berguna bagi kesehatan mata kita, salah satunya yaitu:
Mencegah mata minus dan plus
Mencegah terjadinya katarak
Selain berguna bagi kesehatan tubuh, ikan asin ini memiliki Khasiat lain yaitu, Sebagai penggerak roda ekonomi dan juga Sebagai pakan ternak dan hewan peliharaan.
cukup sekian yang bisa kami ulas.
semoga bermanfat, dan terimakasih.

One thought on “11 macam manfaat ikan asin untuk kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like