Merawat Ikan Nila

1 min read

Merewat Ikan Nilla

Budidaya ikan nila yang sudah kita kenal sebelumnya ,yang memiliki warna sisik agak kehitaman  dengan pita bewarna gelap melintang sebagai ciri khasnya.Pada kalangan umum aat ini ikan nila menjadi komoditi ungulan dimasyarakan karena pemasarannya yang semakin meningkat.Selain itu meningkatny a hobi pemancing untuk mencari ikan atau bersantai di pemancingan,hal tersebut menjadikan peluang bisnis yang dapat kita jalankan saat ini.Bahkan untuk saat ini ikan nila dijadikan komoditi ikan untuk di ekspor sebagai masakan yang lezat di restoran.Sebelumnya kita mengetahui terlebih dahulu cara dan langkah sebelum kitamelakukan budidaya ikan nila.Supaya nantinya hasil yang diperoleh saat panen mendaatkan keuntungan yang besar dan memuaskan sesuai yang kita inginkan.

Kelebihan budidaya ikan nila
•    Mudah untuk dibudidayakan
•    Mudah beradaptasi diberbagai kolam dan air
•    Mudah berkembang biak dan tumbuh cepat
•    Tahan terhadap serangan hama dan penyakit
•    Tahan terhadap perubahan lingkungan dan memiliki daya tahan tubuh yng tinggi
•    Dapat mencerna makanan secara efisien
Langkah budidaya
Menyiapakan kolam
Kolam dapat menggunakan kolam jenis terpal,tanah,beton,jaring apung,atau yang lainnyadisesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar atau tempat yang ada.Setelah lokasi dan jenis kolam telah ditentukan selanjutnya dapat melakukan pembuatan kolam.Untuk ukuran kolam yang akan dibuat bebas sesuai dengan keinginan dan disesuaikan luas lokasi.Untuk langkahnya

1.    Lakukan pengeringan dan pembersihan kolam terlebih dahulu

2.    Pengapuran dapat dilakukan dengan cara ditaburkan keatas permukaan  kolam.

3.    Kolam yang telah dibuat setah  itu dilakukan pemupukan dengan pupuk kandang dengan ketebalan sekitar 3 cm .

4.    Setelah itu kolam didiamkan sekita 3 hingga 5 hari kolam dapat diisi dengan air dan biarkan selama 1 minngu hingga pupuk tersebut terurai dan bibit dapat ditebarkan.

Bibit ikan nila dapat iperoleh dari hasil budidaya sendiri sebelumnya atau dapat langsung membeli bibit ikan nila dari peternak.Bibit yang akan dipelihara harus bibit berkualitas dan sehat serta tidak cacat.Untuk ukuran bibit yang akan ditebarkan lebih baik berukuran seragam,supaya saat panen nantinya dapat besar secara bersamaan.
Perawatan

1.    Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari pada saat pagi dan sore dengan paka berupa pelet

2.    Untuk vitamin dapat diberikan sekali untuk sebulan

3.    Untuk kebersihan harus selalu terjaga mulai dari air dan kolam

4.    Air pada kolam lebih baiknya dalam keadaan mengalir supaya air selalu terganti dan ikan dapat tumbuh lebih cepat
Penanggulangan penyakit
Penyakit akibat jamur

Muncul karena kandungan asam meningkat pada air kolam dari hasil kotoran kan.Untuk mengatasinya ikan yang terjangkit penyakit dapat diambil dan ditempatkan pada kolam yang berbeda dan diobati dengan teratur.
Stres ikan
Jika ikan stres maka pertumbuhan ikan akan mengalami gangguan biasanya diakibatkan karena keadaan air yang tidak bersih.Car mengatasinya dengan pembersihan dan menguras kolam.
Kurangnya nafsu makan ikan
Biasanya ikan kurang nafsu makan disebabkan karena faktor stres.Cara mengatasinya dapat memberikan obat nafsu makan,obat ikan semuanya dapat diperoleh pada toko khusus ikan.
Pemanenan
Umur yang ideal untuk memanen ikan nila sekitar 4 bulan untuk ukuran ikan yang siap konsumsi.Ada juga yang berbeda-beda biasanya disebabkan karena cara perawatannya ada juga ikan yang pertumbuhannya agak lambati.

Selamat berjuang.

Umpan Ikan Lele Super

Cara Membuat Umpan Ikan Lele Budidaya lele merupakan salah satu kegiatan bisnis dengan prospek yang sangat menarik. Selain itu kebutuhan pasar yang masih besar...
trik mancing
2 min read

Cara Budidaya ikan nila

Tips budidaya ikan nila Usaha budidaya ikan nila merupakan salah satu prospek bisnis yang menguntungkan dan layak untuk dicoba. Apalagi ditambah dengan meningkatkanya permintaan...
trik mancing
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *