Trik Mancing Ikan Tawes

images%2B%252817%2529

Mancing ikan tawes monster

Ikan tawes di sungai/ kali bermacam-macam ukurannya. Jika sungai/kalinya kecil, biasanya ukuran ikan tawes yang besar hanya sebesar telapak tangan kira-kita bobotnya 200-300 gram. Sedangkan kalau di sungai yang besar, ikan tawesnya juga lumayan besar ukurannya. Ikan tawes suka bermain di aliran sungai yang agak deras. Perhatikan juga, apabila di tepi sungai ada tanaman yang batang atau daunnya masuk ke dalam  biasanya ada gerombolan ikan tawes di situ.

Joran dan senar

Di sungai yang kecil,  joran antena tidak tepat di gunakan sebab akan menghasilkan sambitan yanga kuat sehingga mulut ikan akan robek kemudian ikan lepas. Lebih bagus menggunakan joran tegek (pole) yang agak lentur, dengan panjang kira-kira 270-360 cm agar nyaman di buat strike ikan tawes. Gunakan pelampung kayu atau pelampung ukuran 3-5 cm saja. Pelampung yang kecil lebih peka terhadap ikan-ikan kecil. Senar pancing juga yang tipis. Selain tipis, senarnya harus lentur sebab ikan tawes makan dengan cara disedot, bukan disambar. apabila senar pancingnya kaku, maka umpan-nya akan sulit tersedot dengan cepat sehingga ikan sulit terkena pancing.

Kalau Di sungai yang besar, anda bisa gunakan teknik mancing lempar, yaitu memakai joran antena, tanpa pelampung, dengan bel jepit di ujung joran (sekitar 5 cm dari ujung joran). Biar tambah mantab lagi, gunakan banyak kail yang dirangkai dengan pelindung karet (topi pacing) agar umpan tidak mudah hanyut terbawa arus sungai. Gunakan juga timah besar agar kail bisa dilemparkan jauh.

Kail

Bicara tentang kail yang tepat untuk mancing ikan tawes, perlu anda perhatikan bahwa mulut ikan tawes kecil dan ikan tawes makan ,dengan cara disedot. jika kailnya terlalu besar, maka kail biasanya tidak nyantol(nancap) di mulut ikan.dan ikan-nya lepas deh. Oleh kaatena itu, di lihat terlebih dahulu berapa rata-rata ukuran ikan tawes yang ada, baru kemudian bisa pilih kail yang tepat dan jitu.

Untuk ikan tawes berukuran kecil tidak lebih dari 2 jari tangan, pakai kail berukuran 0,3 apa bila pakai umpan lumut atau pelet. Pakailah kail berukuran 1 jika menggunakan umpan cacing. kalau Untuk rakitan ombyok bisa digunakan dengan kail berukuran 2 dengan umpan pelet.

umpannya dibuat agak besar dan ditancapkan pada kail, sekaligus dengan posisi ujung runcing kail menghadap keluar.

Kail ukuran 1-2 dengan umpan lumut, pelet, maupun cacing dapat digunakan untuk memancing ikan tawes ukuran sedang. Kalau pakai rakitan ombyok, gunakan kail yang berukuran 3-5.
Jika tawesnya besar pakai kail ukuran 3-4 dengan mengunakan umpan lumut, pelet, dan cacing.

Kalau Anda belum ngerti dengan ukuran ikan tawes di sungai tempat mancing Anda lebih baik pakai kail ukuran 1 saja. kalau untuk rakitan ombyok pelindungnya (topi pancing) bisa pakai yang ukuran 3.

Pada umumnya ikan tawes suka umpan lumut. Tetapi menggunakan umpan lumut pada musim panas  kurang efektif karena di dasar sungai sudah tersedia banyak lumut. Apabila ingin memancing ikan tawes di musim panas, alangkah baiknya mengunakan umpan pelet tengiri /belut.

Umpan lumut

1582010852 picsay


Pada musim penghujan,  umumnya umpan lumut sudah cukup untuk macing tawes. Namun ada waktu yang baik untuk memancing ikan tawes yakni pada 3-4 hari sesudah banjir. Kenapa sesudah banjir harus menunggu 3-4 hari dulu? biasanya kalau  banjir menyebabkan ikan tawes stress dan tidak mau makan, sehingga 3-4 hari sesudah banjir ikan tawes dalam kondisi puncak kelaparan dan sudah mau makan lagi.
Cukup sekian artikel tentang mancing ikan tawes di sugai, semoga bermanfaat dan Terimakasih. Salam mancing mania!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like