Umpan Ikan Sidat Paling Jitu dan Ampuh

Umpan Ikan Sidat Paling Jitu dan Ampuh

Umpan Ikan Sidat – Ikan sidat merupakan jenis ikan berbentuk ular serta berkerabat dengan belut, bedanya ikan sidat memiliki koleksi sirip. Untuk mencari ikan sidat kamu dapat mencarinya di air tawar seperti rawa-rawa atau parit dan sungai yang terhubung ke laut.

Ikan sidat banyak terdapat di daerah bantul dan sleman, jika beruntung dapat menjumpai yang lebih besar atau pelus.

Umpan Ikan Sidat
Umpan Ikan Sidat Paling Jitu

Selain itu, ada pula yang ditawarkan sebagai ikan sidat sebagai pelabuhan ratu, mentawai, sukabumi, sumatera barat, dan cilacap. Daerah atas memiliki bakau yang menjadi tempat asal bagi orang dewasa untuk anakan

Umpan Mancing Ikan Sidat Paling Ampuh dan Jitu

Apa saja jenis umpan untuk mancing ikan sidat yang telah terkenal dan ampuh baik siang maupun malam hari? Pada dasarnya sidat merupakan pemangsa air tawar yang dibutuhkan beraneka macam binatang kecil yang bisa ia tangkap.

Karena hal ini dapat digunakan sebagai umpan ikan kecil atau potongan daging berikut ini umpan ikan sidat yang bisa digunakan:

  1. Udang hidup
  2. Cacing
  3. Ulat bambu
  4. Jangkrik
  5. Ikan-ikan kecil
  6. Katak kecil
  7. Uret
  8. Usus ayam
  9. Daging bekicot
  10. Daging belut yang aromanya sangat busuk.
    Sedangkan untuk target sidat ukuran besar, para pemancing memakai umpan berbentuk katak kecil, daging belut dan usus ayam.

Semua umpan di atas memiliki bau khas yang akan disengat akan memikat perhatian ikan pemangsa.

Trik Cara Mancing Ikan Sidat

Jika ingin memancing sidat maka waktu terbaiknya adalah di malam hari. Karena sidat merupakan pemangsa air tawar yang keluar dari sarang untuk mencari makan kompilasi udara sedang keruh atau malam hari.

Namun tidak tertutup hanya dapat diperoleh di siang hari, prioritas saat ini dalam situasi keruh. Terlebih lagi bila sudah berhasil, tempatkan ikan sidat sembunyi, maka belanja akan cepat.

Tinggal tempatkan umpan di sekitar lubang tersebut dan sidat akan keluar karena mengendus aromanya.

Untuk memancing ikan sidat, pakailah kenur yang memiliki kemampuan 2 – 4 kg. Bisa juga pakai kenur tipe pe untuk target buruan babon. Gunakan juga kail yang cukup besar yang tidak tertunda atau patah saat mogok.

Ciri Ciri Lubang Ikan Sidat

Ikan sidat suka bersembunyi di lobang yang ada di lumpur. Jika ada yang mau memancing, ikan sidat maka buat lubang yang ada di bawah ini:

  1. Lubang tidak ada feses atau bersih
  2. Aliran udara tidak normal.
  3. Ada beberapa binatang di sekitar lubang tersebut seperti katak dan sebagainya,
  4. Lubang sangat tidak beraturan.
  5. Bila sidat besar ada beberapa bau bangkai binatang di sekitarnya.
  6. Untuk memancing ikan sidat pada siang hari bisa dilakukan jika sudah berhasil mengatasi persembunyian. Caranya dapat memberikan umpan di depan lubang tersebut.

Alat untuk mancing ikan sidat sulit, cukup gunakan joran tegek. Namun perlu joran tegek yang kuat dan lentur.

Lebih dari beberapa daerah hanya mencoba menggunakan kenur dan kail. Dengan menggunakan cara kenur di ikatkan kekayu yang ditancapkan di plengsengan rawa juga sungai.

Waktu Paling Tepat Mancing Ikan Sidat

Saat akan mancing ikan sidat wajib trik, kebiasaan dan cara mancing. Ikan sidat biasa keluar dari sarang saat bahaya atau malam hari, jadi lebih disarankan untuk memancingnya di malam hari.

Jadi percuma jika mancing ikan sidat di siang hari kecuali tahu sarang atau lubang persembunyian. Selain malam hari waktu yang tepat untuk mancing ikan sidat pada saat hujan dan kondisi air keruh.

Jadi pada intinya, ikan sidat akan menyukai situasi saat mencari makan. Bila akan memancing ikan sidat pada siang hari cukup biarkan umpan didepan lubang atau tunggu dan tunggu sampi umpan disambar.

Tempat Paling Banyak Ada Sidat

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan harus diambil di mana ikan ikan sidat tersebut berada. Untuk spot sidat yang terletak di titik yang kedalaman air antara 1,5 meter dengan air mengalir agak deras.

Dapat juga membahas tentang area yang disebutkan ini setipe binatang mangsa sepertu kodok atau nyamuk. Jika di dekat tempat tersebut, maka bisa dipastikan sidat berada jauh dari daerah tersebut.

Beberapa hal lain yang ditampilkan adalah sebagian besar bebatuan atau tanah padas yang berlubang (dalam bahasa jawa disebut gerowong2). Terakhir adalah di daerah tikungan sungai di bawah bendungan tua atau di rawa rawa muara.

Jenis ikan sidat yg sedang mengalir di sungai yg mengalir deras dan bebatuan Sementara ikan sidat babon atau yang mengukurnya sebagian besar terletak di kedalaman yang sangat dalam.

Dari penjelasan singkat ini mungkin bisa memilih tempat terbaik untuk memancing ikan sidat. Selamat mencoba. Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like