Resep Ikan Nila Cepat Besar

3 min read

Cara Agar Ikan Nila Cepat Besar Dan Cepat Panen Dalam 4 Bulan

Cara agar ikan nila cepat besar dan cepat panen bisa diterapkan dalam budidaya ikan nila intensif. Dengan cara ini, tentu saja keuntungan yang akan di dapatkan akan lebih cepat. Secara tidak langsung, jika ikan nila cepat besar dan cepat panen. Maka hasil yang akan kita dapatkan dalam usaha budidaya ikan nila juga akan lebih maksimal.

Bagaimana cara agar ikan nila cepat besar ?

Ada beberapa hal penting yang harus kita penuhi untuk menunjang pertumbuhan ikan nila. Salah satunya yaitu dari kandungan protein yang di butuhkan. Tentu saja salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila yaitu dengan memberikan pakan yang memiliki kandungan protein tidak kurang dari 40%.

Selain itu, kondisi dan luas kolam pun juga berpengaruh. Tentu saja agar ikan nila cepat besar kita juga harus memperhatikan kondisi kolam. Didalamnya kita juga harus memperhatikan kepadatan ikan nila itu sendiri serta kualitas air kolam yang di gunakan unutk memelihara ikan nila itu sendiri.

Tentu jika kita berhasil menerapkan cara mempercepat ikan nila dan hasilnya ikan nila lebih cepat besar. Maka akan sangat menguntungkan bagi kita sebagai pelaku budidaya pembesaran ikan nila. Untuk itu, berikut ini cara agar ikan nila cepat besar yang mungkin dapat membantu anda.

Cara Agar Ikan Nila cepat Besar

1001ikan

Budidaya ikan nila sistem monosex

Cara agar ikan nila cepat besar yang pertama yaitu memeliharanya dengan sistem monosex. Budidaya ikan nila monosex itu sendiri yaitu cara budidaya ikan nila yang hanya memelihara ikan nila dengan jenis kelamin jantan saja.

Memeilhara ikan nila sistem monosex akan lebih efisien karena sifat ikan asli ikan nila ini yang mudah memijah. Sehingga apabila kita memelihara ikan nila dengan sistem campur atau memilhara ikan nila jantan dan ikan nila betina dalam satu kolam. Maka energi ikan nila akan terbuang untuk memijah saja. Sedangkan pada pertumbuhan ikan akan sedikit terganggu.
Mengapa memilih ikan nila dengan jenis kelami jantan saja ?

Hal ini disebabkan pertumbuhan ikan nila jantan jauh lebih cepat besar dibandingkan dengan pertumbuhan ikan nila betina. Persentase perbandingan pertumbuhan keduanya yaitu sekitar 40%.
Pada ikan nila betina, biasanya ketika sudah mencapai ukuran 200 gram, pertumbuhannya akan sedikit melambat. Karena lebi h terfokus pada pemijahan.

Untuk mendapatkan ikan nila jenis monosex, anda dapat membelinya pada balai perikanan terdekat. Atau bisa saja membeli benih ikan nila monosex pada penyedia bibit ikan nila. Bisa juga membeli bibit ikan nila online.

Penggunaan Pakan

Pakan merupakan komponen utama yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku usaha budidaya ikan nila. Agara ika nila cepat besar, tentu kita harus menggunakan pakan yang berkualitas tinggi. Meskipun begitu, kita juga harus menekan kebutuhan pakan agar lebih efektif. Karena biaya pakan ini dapat mencapai 70% dari total biaya produksi. Sehingga jika kita dapat menyiasati hal ini, maka keuntungan yang akan kita dapatkan menjadi lebih besar.

Pakan ikan nila yang harus diberikan setidaknya memiliki kandungan protein sebanyak 20 – 30 persen. Jika anda menggunakan pakan dengan kandungan protein yang lebih tinggi tentu hasilnya akan lebih baik lagi.
Sementara itu, kebutuhan pakan ikan nila per hari yaitu sebanyak 3% dari bobot tubunya.

Kualitas Air Kolam

Kualitas air kolam juga sangat berpengaruh dalam mempercepat pertumbuhan ikan nila. Menjaga kualitas air dalam kolam adalah hal wajib. Karena hal ini adalah salah satu upaya agar ikan nila cepat besar. Sehingga pembudidaya akan lebih cepat panen.

Air kolam yang kotor serta tercemar tentu saja tidak baik. Karena hal tersebut tentu saja akan menimbulkan penyakit pad aika nila itu sendiri.
Untuk kualitas air pada budidaya ikan nila intensif meliputi banyak hal. Diantaranya :
Suhu air yang ideal 25 – 30 derajat celcius
PH air yang ideal antara 6,5 – 8,6
Kandungan oksigen terlarut minimal tidak kurang dari 5 mg/ltr
Kandungan kadar garam antar 0 – 28ppt
Sementara amoniak kurang dari 0,02 ppm

Kualitas Bibit

Kualitas bibit menjadi salah satu bagian penting yang juga tidak boleh dilewatkan oleh pelaku pembudidaya ikan nila. Bibit yang kurang baik tentu akan membuat pertumbuhan ikan nila tidak maksimal.
Jika sudah terjadi hal semacam ini, untuk membuat pertumbuhan ikan nila agar lebih cepat pun akan sangat sulit. Meskipun telah diberikan asupan pakan dan protein yang cukup. Untuk itu sebaiknya gunakan bibit yang berkualitas agar pertumbuhan ikan nila pun dapat lebih maksimal.

Ciri-ciri umum benih ikan nila yang berkualitas sebagai berikut :

Ukuran dan bentuk tubuh benih ikan nila seragam
Benih terlihat aktif dan gesit
Tidak cacat atau luka bawaan
Tidak berpenyakit atapun sedang terjangkit virus penyakit.

Dengan 4 cara diatas, kita sudah bisa mempercepat pertumbuhan ikan nila. Tetapi cara diatas adalah cara umum yang biasa dilakukan oleh peternak lainnya. Untuk menggunakan cara khusus, silahkan ikuti tips berikut ini.

Cara khsusus agar ikan nila cepat besar dan cepat panen yaitu dengan cara memotong sirip ekor ikan nila tersebut. Cara ini memang terlihat sangat ekstrem. Tetapi cara ini memang benar-benar efektif untuk mepercepat pertumbuhan ikan nila.

Study yang dilakukan oleh salah satu dosen dari Universitas Gorontalo, Margaretha Soalng. Memotong sirip ekor ikan nila akan membuat panen ikan nila lebih cepat. Yaitu hanya butuh waktu selama 3 bulan saja.

Cara pemotongannya cukup mudah. Berikut ini caranya :

Siapkan gunting yang benar-benar tajam. Sehingga nantinya tidak melukai ikan nila itu sendiri
Kumpulkan ikan nila yang akan dipotong siripnya menggunakan jaring
Setelah terkumpul, ambil satu persatu ikan nila yang ada di dalam jaring.
Setelah itu, potong sirip ekor maksimal sepanjang 2 cm saja
Lepaskan kembali ikan nila ke dalam kolam pembesaran.

Dalam pemotongan ini sebaiknya periksa terlebih dahulu alat potong yang akan digunakan. Pastikan alat potong tersebut benar-benar steril dan tidak membawa virus penyakit.
Pada pemotongannya pun sebaiknya tidak lebih dari 2 cm. Karena jika lebih dari 2 cm dikhawatirkan akan membuat ikan nila merasakan sakit.

Cukup sekian artikel tentang cara budi daya ikan nila cepat panen. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Umpan Ikan Lele Super

Cara Membuat Umpan Ikan Lele Budidaya lele merupakan salah satu kegiatan bisnis dengan prospek yang sangat menarik. Selain itu kebutuhan pasar yang masih besar...
trik mancing
2 min read

Cara Budidaya ikan nila

Tips budidaya ikan nila Usaha budidaya ikan nila merupakan salah satu prospek bisnis yang menguntungkan dan layak untuk dicoba. Apalagi ditambah dengan meningkatkanya permintaan...
trik mancing
3 min read

Cara budidaya ikan lele

Tips budidaya ikan lele Budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan di Indonesia. Bagaimana tidak? Setiap hari semakin banyak warung makan...
trik mancing
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *