Umpan ikan gabus liar paling jitu

2 min read

Umpan ikan gabus paling jitu di sawah.

Umpan Mancing Ikan Gabus Liar dan Besar
 Ada beberapa macam umpan yang bisa anda gunakan untuk memancing ikan Gabus.
Berikut ini beberapa umpan mancing ikan gabus yang sangat ampuh bisa anda pilih:
1. Cacing
Kalian bisa memakai cacing tanah untuk sebagai umpan. untuk memancing ikan Gabus. Cacing sangat  mudah kita dapatkan, apalagi cacing mempunyai bau amis yang sangat menyengat dan sangat ampuh untuk menarik ikan Gabus. keistemewaan untuk menggunakan umpan cacing tanah ini, tidak hanya dimakan oleh ikan gabus saja tetapi ikan predator lainnya juga dapat memakannya.
2. Jangkrik
Rasanya Gak afdol bila jangkrik tidak kita sebutkan sebagai umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan gabus. Hewan yang bersuara merdu ini bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan Gabus. Karena jangkrik digunakan sebagai umpan merupakan hal yang sudah biasa. Jangkrik juga dapat digunakan untuk memancing ikan predator lainnya, caranya sangat mudah kalian hanya perlu mengaitkan ekor jangkrik pada mata kail pancing.
3. Belalang
Umpan yang satu ini banyak kita temui di sawah yaitu, Belalang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus, karena selain ampuh untuk mendapatkan ikan gabus dan mendapatkan belalangpun tidak terlalu susah. Adapun caranya cukup kaitkan mata kail pada belalang mulai dari ekor-nya.
4. Ikan Wader
Ikan Wader merupakan ikan yang berukuran kecil yang banyak ditemui disungai. Ikan wader sangat cocok bila dijadikan sebagai umpan ikan predator seperti Gabus. ikan wader yang digunakan sebagai umpan harus masih hidup. Caranya sangat mudah yaitu di  kaitkan mata kail kepunggung ikan wader.(ikan wader hidup) karena ikan wader bisa berenang, ke sana ke mari .dan menarik perhatian ikan Gabus untuk dimangsanya.
5. Katak Kecil / percil
Carilah katak kecil yang banyak berkembang biak di sawah atau sungai. Untuk mengunakan umpan katak/percil ini biasanya digunakan untuk mancing pada malam hari, caranya yaitu dikaitkan pada mata kail, mulai dari belakang ekornya dan menggantung. dan katak/percil  di haruskan masih hidup agar umpan dapat bergerak dan merarik perharian ikan gabus supaya lebih cepat datang dan memangsanya.
Umpan buatan/ tiruan /lures
Umpan ini yang paling mimin sukai, kenapa?? walaupun hanya umpan buatan/lures yaitu :umpan yang dibuat menyerupai umpan asli dengan bahan dasar karet maupun kayu. Namun umpan buatan mempunyai kelebihan yakni umpan ini lebih awet dibandingkan umpan alami/ asli. Umpan alami hanya dapat di gunakan satu kali saja, berbeda dengan umpan buatan. Bahan dasar yang kuat dan lentur umpan buatan ini bisa digunakan berkali-kali. Selain bentuknya yang sangat mirip dengan umpan alami, maka ikan gabus akan trgoda untuk menyarnya
Tips dan Trik Membuat Umpan Tiruan Untuk memancing Ikan Gabus.
Umpan tiruan harus seperti  umpan alami yang berupa hewan hidup dan bisa bergerak. jika kamu membuat umpan tiruan, Buatlah yang bisa  bergerak seperti umpan alami. sore hari atau malam hari merupakan waktu yang sangat efektif untuk memancing ikan gabus tersebut, mengingat ikan gabus yang aktif pada malam hari.
Ketika sore hari dan malam hari ikan gabus mulai lapar dan mencari mangsanya. sebab itu, dengan menggunakan teknik popping atau casting sangat mudah untuk mancing ikan gabus. Pilihlah senar yang kuat untuk menarik bobot ikan sekitar 15 – 20 kg, karena ketika kalian mendapat ikan gabus yang besar agar senar tidak putus.
Biasanya seseorang yang hoby memancing, dan sudah terbiasa memakai mata pancing yang bervariasi antara besar dan kecil, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi mancing di sungai dan rawa dengan target ikan kecil. Usahakanlah joran yang jenis fast tapper, karena liarnya fight ikan gabus ini dapat merusak joran atau patah.
Trik memancing ikan gabus
1. Sebelum kita memancing ikan gabus pastikan waktu tepat. Salah memilih waktu akan berakibat hampa. Waktu yang paling tepat yaitu pagi hari dan sore hari. Karena pada saat itulah ikan gabus mulai keluar dari tempat persembunyiannya untuk mencari makanan. kalau pada siang hari ikan gabus akan bersembunyi dan berada di dasar air dan berlindung dari sinar matahari.

2. kalau berada di spot tertentu usahakan jangan membuat suara bising.  karena Ikan gabus termasuk, ikan dengan kepekaan yang tinggi. Ikan gabus akan langsung lari/ kabur jika mendengar suara yang berisik di pinggir air.
3. Karena ikan gabus termasuk  ikan yang agresif dan punya tarikan yang sangat mantap jadi pakailah pancing yang bagus dan senar.  Gunakan pelampung yang standar jangan  terlalu besar, agar saat umpan disambar dapat terlihat jelas.

4. Sebaiknya pakailah mata kail ukuran sedang. Ukuran mulut ikan gabus  besar memungkinkan memakan umpan ukuran besar juga.
cukup sekian yang dapat saya bagi.
semoga bermanfat. dan terima kasih.

Umpan Ikan Patin

Wo Wor
2 min read

Umpan Ikan Gabus Liar

Wo Wor
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *