Umpan ikan sidat paling jitu

1 min read

Umpan Jitu Ikan Sidat Paling Ampuh

Umpan salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan dalam memancing. sebaiknya siapkan umpan terbaik, agar berburu ikan sidat bisa berjalan mulus. sebab ikan sidat merupakan hewan pemakan daging, sebaiknya gunakan umpan berupa hewan-hewan kecil atau serangga.

Adapun Umpan jitu Mancing Ikan Sidat yang bisa anda gunakan, seperti :
Cacing
precil
Ulat kelapa / gendon
Belut
Burung emprit
Cumi segar
Ikan-ikan kecil

Untuk Cacing Unthel, percil, Uret kelapa lebih cocok digunakan pada sungai kecil atau rawa-rawa yang tidak terlalu dalam. kalau umpan cumi cumi, belut dan Ikan-ikan kecil memiliki bau amis yang lebih cocok anda gunakan pada sungai-sungai besar yang kedalamannya lebih dari 1.5 meter.

Tips dan trik Memancing Sidat pada Malam Hari

Karena ikan sidat merupakan hewan nocturnal yakni lebih aktif pada malam hari. kalau malam hari waktu yang paling tepat untuk memancing ikan sidat.

Berikut Tips dan trik mancing ikan Sidat pada Malam Hari :

1. Pilih Spot atau Lokasi yang Potensial

Adapun ciri-ciri spot potensial memancing sidat :

Carilah spot dengan kedalaman minimal 1.5 meter.
Air pada spot yang cukup deras.
Adanya beberapa hewan kecil disekitar spot, seperti kodok / nyamuk atau hewan kecil lainnya.
Spot berupa bebatuan padas yang berlubang.
Spot pada tikungan sungai.
Dibawah bendungan Tua.
Spot rawa-rawa pada muara.

2. Perhitungkan waktu berburu/memancing sidat

Waktu yang tepat memancing sidat sekitar jam 5 sore sampai jam 7 malam, itulah waktu awal ikan sidat keluar dari sarang. Dan biasanya ikan sidat mulai memangsa umpan dari tengah malam hingga menjelang subuh.

3. Saat anda mulai memancing usahakan diam (jangan berisik). karena ikan Sidat paling takut dengan suara-suara yang berisik. kemungkinan akan pergi menjauh.

4. Agar sidat mendekat, anda bisa menggunakan umpan bom. adapun Umpan bom bisa menggunakan Keong sawah, darah ayam atau apapun yang berbau amis. Dipastikan sidat akan mendekat ke spot kalian.

5. apabila kalian memancing di sungai kecil, kalian bisa menggunakan umpan cacing, petcil atau ulat daun. Namun apabila memancing di sungai yang besar bisa menggunakan burung emprit, belut atau cumi segar (yang jelas umpan tersebut dominan berbau amis).

6. Saat ikan sidat menyambar umpan dan terkait kail, usahan santai jangan buru buru, Hal ini membuat sidat akan lebih mudah meloloskan diri dari kail.

Tips dan Cara Memancing Sidat Pada Siang Hari

walaupun ikan Sidat merupakan hewan nokturnal atau yang aktif pada malam hari. Ternyata sidat tetap bisa dipancing pada siang hari. Dan kalian harus mengetahui lubang persembunyian-nya/ sarang ikan sidat tersebut.

Ciri-ciri Sarang / lubang tempat sembunyi ikan sidat ialah :

Pada Lubang tersebut tidak ada kotoran atau bersih.
Aliran air tidak normal, artinya air yang mengalir disekitar lubang tidak beraturan.
Adanya serangga atau hewan kecil seperti katak di dekat lubang.
Bentuk lubang sangat tidak beraturan.
Bila itu Sidat besar, biasanya tercium bau bangkai didekat lubang.

Setelah kalian mengetahui lubang/persembunyian ikan sidat, Kalian bisa mulai memancingnya didekat lubang tersebut. Dan tunggu hingga umpan disambar. atau pada waktu banjir, atau air sungai meluap ikan sidat biasanya juga keluar dari sarang untuk mencari makan. Hal tersebut dikarenakan air sungai saat banjir berwarna coklat sehingga sidat berani keluar dari sarang meski siang hari sekalipun.
Cukup sekian artikel ikan sidat semoga bermanfaat dan terimakasih.
Salam Mancing Mania Mantap.

Umpan Ikan Patin

Wo Wor
2 min read

Umpan Ikan Gabus Liar

Wo Wor
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *