umpan jitu ikan nila

2 min read

Umpan ikan nila semua lokasi

Ada beberapa umpan untuk mancing ikan nila paling jitu yang bisa kita gunakan, umpan ini bisa kita dapatkan dengan mudah karena memang umpan ini banyak terdapat disekitar kita.
Salah satu dari umpan jitu ini bisa kita gunakan untuk mancing ikan nila baik disungai ataupun di danau, dimana sungai dan danau adalah spot yang paling potensial, selain itu juga kita bisa gunakan umpan ini untuk mancing ikan nila di kolam.
Di habitat aslinya ikan nila hidup berkelompok bertahan hidup dengan cara membuat sarang didasar air dan aktivitasnya lebih banyak dilakukan ditepian sungai atau danau.
Selain itu ikan nila juga menyukai tempat yang banyak terdapat lumut ditepian air dimana lumut adalah makanan paforitnya.
Jadi lumut adalah salah satu umpan jitu paling ampuh untuk mancing ikan nila, tentu bukan hanya lumut yang menjadi umpan jitu untuk mancing ikan nila, ada beberapa jenis umpan lain juga yang cukup ampuh yang bisa kita gunakan.
Umpan Mancing Ikan Nila paling Jitu disemua Spot
Umpan mancing ikan nila paling jitu
Beberapa umpan ini sudah terbukti ampuh untuk mancing ikan nila, karena umpan-umpan ini sering digunakan oleh banyak pemancing air tawar khususny ikan nila.
Berikut 4 jenis umpan paling ampuh untuk mancing ikan nila:
1. Lumut
Yap betul,,, lumut adalah umpan kesukaan ikan nila karena dihabitat aslinya ikan nila memakan lumut, lumut yang disukai ikan nila adalah lumut yang berwarna hijau dengan kondisi masih segar, lumut jenis ini banyak terdapat di sungai dan sawah.
Jadi kamu bisa gunakan umpan ini untuk mancing ikan nila dijamin dapat banyak karena umpan jenis ini cocok digunakan mancing baik di sungai, danau ataupun di kolam.
Untuk membuat ikan nila lebih tertarik dengan umpan lumut ini kita bisa menambahkan sedikit racikan yaitu dengan menambahkan garam dan sari pandan.
Garam berfungsi untuk membuat tekstur lumut menjadi lebih halus dan tidak mudah lepas saat dipasang ke mata kail, sedangkan sari pandan berfungsi sebagai penambah aroma agar ikan nila lebih tertarik dengan aromanya.
Cara membuatnya cukup mudah, tambahkan sedikit garam dan sari pandan pada lumut yang sudah disediakan dan diamkan kurang lebih selama 30 menit, setelah itu baru umpan bisa digunakan.
2. Pelet
Pelet jjuga termasuk umpan yang paling ampuh untuk mancing ikan nila, untuk dapat menggunakan umpan ini sebelumnya kita harus meraciknya terlebih dahulu.
Sipakan pelet secukupnya, kamu bisa gunakan pelet yang kecil atau besar, selanjutnya campurkan pelet tadi dengan air hangat secukupnya lalu aduk sampai merata dan teksturnya halus, setelah itu diamkan beberapa menit sampai umpan sedikit mengeras barulah umpan bisa digunakan.
3. Cacing tanah
Bukan rahasia lagi bahwa cacing tanah adalah umpan paling manjur untuk semua jenis ikan air tawar termasuk ikan nila, kita bisa gunakan cacing tanah yang masih hidup sebagai umpan karena pada saat di tenggelamkan kedalam air umpan ini akan tetap bergerak sehingga membuat ikan nila tertarik untuk menyambarnya.
Selain itu cacing tanah juga memiliki aroma yang cukup amis yang bisa mengundang ikan untuk mendekatinya, dimana aroma ini sangat disukai oleh semua jenis ikan air tawar termasuk ikan nila.
4. Cacing pisang
Mungkin beberapa dari kalian  masih asing dengan umpan ini, yap cacing pisang atau beberapa pemancing menyebutnya cacing cau, cacing pisang adalah cacing yang banyak hidup di pohon pisang yang sudah lapuk.
Dari segi fisik tidak berbeda jauh dengan cacing tanah hanya saja teksturnya yang agak lembut, basah dan mudah putus.
Cacing pisang ini biasanya banyak terdapat di pohon pisang kepok yang sudah lapuk.
Umpan ini sudah terbukti ampuh untuk mancing ikan nila karena banyak pemancing yang sudah menggunakan umpan ini, dan tidak kalah jitu dengan umpan lumut.
Oke itulah umpan mancing ikan nila paling jitu yang bisa kamu coba, semoga artikel ini bermanfaat.

Umpan Ikan Patin

Wo Wor
2 min read

Umpan Ikan Gabus Liar

Wo Wor
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *