Rahasia mancing ikan nila

1 min read

mancing merupakan kegiatan yang menyenangkan dan asik. dan kegiatan ini dapat dilakukan secara bebas dan tidak dipungut biaya sama sekali bila melakukanya langsung di kali atau di laut. Selain itu mancing juga dapat menjadi suatu hiburan yang di mana hasil pancingan bisa langsung di jual. Walaupun terkadang ada juga para pemancing yang menjadiwak kegiatan tersebut untuk sekedar menghibur diri yang  hasil tangkapan-nya dikonsumsi sendiri. Berbagai motif tersebut yang mendasari beberapa orang untuk mancing.

Terlebih lagi mancing merupakan kegiatan positif dan dapat melatih kesabaran. Untuk lokasi mancing sendiri yang mudah dan pasti ada iwak adalah kali. Namun kali yang digunakan adalah kali yang alirannya tidak begitu deras dan juga tidak begitu lambat yang ditandai dengan sedimentasi pada tepi kali berwujud lumpur.

Di kali ada berbagai macam iwak seperti jambal, lele, bahkan nila. Khusus untuk nila merupakan iwak yang paling sering dikunjungi dan banyak disukai. Untuk mendapatkannya sedikit sulit, tetapi bisa menggunakan tips dan trik mancing nila agar mudah dalam mancingnya.

Tips dan trik mancing iwak nila liar di kali
iwak nila merupakan salah satu iwak yang banyak dikonsumsi karena jumlahnya yang banyak. Terlebih lagi iwak nila memiliki protein yang tinggi di kalangan iwak air tawar lainnya. Terlebih lagi rawat dan pengolahannya tidak sulit. Tidak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah tips dan trik mancing iwak nila liar.

Seperti halnya mancing iwak jenis lainnya. sesuatu yang diperlukan agar kail pancing dimakan oleh nila adalah umpan. Umpan untuk iwak nila tidaklah sulit. Karena iwak nila menyukai tumbuh tumbuhan maka lumut dapat dijadiwak umpan yang bagus untuk mancing iwak ini. Namun ada juga yang menyarankan untuk menambahkan lumut dengan cuka dan garam agar iwak nila cepat memakan umpan tersebut. Hal tersebut juga tidak ada salahnya untuk dicoba.
Untuk mancing iwak juga harus memperhatiwak karakteristik iwak tersebut. Khusus iwak nila ini biasanya membuat sarang berupa lubang lubang pada lumpur. Biasanya sarang yang di buat pada sedimentasi di tepian sungan. Maka cobalan untuk mancing di lubang lubang tersebut dahulu karena kemungkinan dapatnya semakin besar.
Untuk mancing iwak nila dapat menggunakan senar pancing dengan ukuran 4-8lbs dan mata kail sekitar 7-11lbs.
Untuk mancing iwak nila ini walaupun sedikit sulit, tetapi peralatan yang dipergunakan tidak perlu serumit mancing iwak iwak yang ada di laut. Dikarenakan ukuran tubuh iwak nila ini yang tidak terlalu besar maka peralatan yang dipakai cukup pancing, kail, dan umpan saja. Tidak perlu joran karena biasanya tenaga yang dimiliki oleh iwak nila tidak begitu besar. Berbeda dengan iwak laut yang besar besar dan tenaganya yang kuat.
Apa bila iwak nila yang ingin dipancing tidak mau memakan umpan lumut yang disediakan dapat mencoba umpan lain seperti cacing yang ada pada batang pisang yang membusuk. Dengan cara terebut akan mempermudah untuk menangkap iwak nila. Namun yang sedikit sulit adalah menemukan cacing yang ada pada batang pisang yang membusuk.
Kelebihan iwak nila untuk dipancing.
Setelah memperhatiwak tips dan trik mancing iwak nila yang ada pada kali. Selanjutnya akan membahas mengenai keungulan iwak nila dan mengapa iwak nila adalah iwak yang bagus untuk dipancing. Berikut ini adalah kelebihan dari iwak nila tersebut.

Kaya akan protein dibandingkan iwak air tawar lainnya.
Rasanya yang enak dan gurih juga mudah diolah.
Setelah dipancing, iwak nila dapat dirawatkan dengan mudah di tambak.
Perawatan untuk memrawatkannya yang tidak sulit.
iwak yang tangguh dan mudah beradaptasi di tambak agar tidak mudah stress.

Selamat mencoba,  Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *