9 Umpan Ikan Gabus Liar Paling Jitu yang Susah Makan

3 min read

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dibilang mudah untuk membuat umpan ikan Gabus ataupun ikan kutuk ini. Umpan ikan sangat penting untuk diketahui, terutama untuk kamu yang hobi memancing ikan Gabus. Ikan gabus sendiri masih ikut jenis ikan predator di air tawar yang seringkali keberadaan-nya di air tawar seperti di sungai, rawa-rawa, danau, dan parit.

9 Daftar Umpan Ikan Gabus

Terdapat beberapa jenis umpan yang dapat kamu pakai untuk memancing ikan yang termasuk ikan Gabus. Berikut adalah beberapa umpan untuk memancing ikan gabus yang paling ampuh yang dapat kamu pilih salah satu:

1. Belalang

Hewan yang banyak kita temukan di persawahan ini sebenarnya dapat dipakai sebagai umpan ikan gabus. Belalang dapat dipakai untuk memancing ikan gabus dikarenakan selain belalang ampuh untuk memperoleh ikan gabus serta memperoleh belalangpun tidak terlalu susah. Adapun untuk cara memakai belalang sebagai umpan ialah kamu cukup mengkaitkan mata kail pada belalang dimulai dari ekornya.

2. Cacing

kamu dapat memakai cacing tanah sebagai umpan jitu untuk menangkap ikan Gabus. Cacing tanah mudah diperoleh selain  itu juga mempunyai bau amis yang menyengat serta sangat ampuh untuk menarik ikan ikan Gabus. kelebihan memakai umpan cacing tanah ini tidak hanya di makan oleh ikan gabus saja tetapi ikan predator jenis lain-nya juga dapat memakannya.

3. Ikan Wader

Ikan Wader ialah ikan yang berukuran kecil serta banyak kita temui di sungai. Ukurannya yang kecil inilah yang sangat cocok jika dipakai sebagai umpan ikan predator, seperti halnya ikan Gabus. ikan wader yang akan di pakai sebagai umpan harus kalian usahakan masih hidup. Caranya cukup kaitkan mata kail kepunggung ikan wader. Kenapa harus hidup? karena ikan wader dapat berenang serta menarik perhatian ikan Gabus untuk dimakan oleh-nya.

4. Jangkrik

Kurang afdhol rasanya jikalau jangkrik tidak disebutkan sebagai umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan gabus, Hewan yang bersuara merdu ini dapat kamu pakai sebagai umpan untuk memancing ikan Gabus. Karena jika jangkrik dipakai sebagai umpan ialah hal yang sudah biasa. Jangkrik juga dapat kit pakai untuk memancing ikan predator jenis lain-nya, caranya mudah, kamu cukup mengaitkan pad ekor jangkrik di mata kail pancing kamu.

5. Katak Kecil

Silahkan cari katak kecil yang banyak berkembang biak di persawahan dan juga sungai. Untuk memakai umpan katak ini, biasa nya di pakai untuk memancing ikan di malam hari, yakni di kaitkan pada mata kail dimulai dari belakang ekorn-ya dan menggantung. dan Usahakan juga kataknya masih hidup. hal Ini tujuannya agar umpan dapat bergerak-gerak dan merarik perhatian ikan gabus agar lebih cepat datang dan memangsa katak tersebut.

6. Ulat Daun Pisang

Ulat daun dapat pula dipakai untuk umpan untuk memancing ikan gabus, selain dapat memakai, belalang, cacing tanah, ikan kecil seperti, jangkrik, ikan wader ataupun katak kecil. Selain ulat daun mudah untuk diperoleh , ternyata ulat daun juga dapat memikat ikan gabus untuk datang. Caranya cukup kaitkan mata kail dari belakang ekor-nya, dan umpan pun sudah siap di pakai.

7. Cacing Tanah

Selain mudah untuk kamu cari, baik mencari-nya sendiri ataupun membelinya, cacing tanah juga cukup ampuh untuk menarik perhatian ikan predator jenis ikan Gabus ini, karena Cacing tanah mempunyai ciri khas yakni bau amis yang sangat menyengat sehingga ikan Gabus ini menjadi lebih tertarik.

8. Anakan Ikan Mas

Pilih ikan yang sehat dan berwana cerah. Warna ikan mas yang cukup cerah akan mengoda predator untuk memangsa-nya. Cara mengaitkannya cukup kaitkan kail ke tubuh ikan. Kaitkan ke bagian punggung dan pastikan ikan harus tetap hidup agar dapat berenang bebas.

9. Umpan (Buatan / Tiruan / Lures)

Umpan yang satu ini yang paling saya sukai, kenapa? karena meskipun hanya umpan buatan atau lures yaitu umpan yang di buat menyerupai umpan alami dengan bahan dasar karet ataupun kayu dan metal. tetapi umpan buatan mempunyai kelebihan yakni umpan ini lebih awet dibandingkan umpan alami. Umpan alami hanya dapat di pakai satu kali saja berbeda dengan umpan buatan. Bahan dasar yang kuat dan lentur umpan buatan dapat dipakai berkali-kali. Selain itu bentuknya yang sangat mirip sekali dengan umpan alami akan mengoda ikan gabus untuk menyambarnya.

Tips Membuat Umpan Tiruan Untuk Ikan Gabus

Umpan tiruan wajib seperti umpan ikan asli yang berupa hewan hidup dan dapat bergerak, jika kamu membuat umpan tiruan, Buatlah dengan kondisi supaya umpan tiruan ini dapat bergerak seperti umpan alami. sore hari dan malam hari adalah waktu yang tepat dan sangat efektif untuk memancing ikan gabus, mengingat ikan gabus adalah merupakan jenis hewan nokturna atau ikan yang aktif di malam hari.

Karena pada umumnya ketika sore dan di malam hari ikan gabus mulai lapar serta mencari mangsa.Karena itulah, dengan memakai tehnik popping maupun casting mudah untuk mancing ikan gabus.Jadi, pilihlah senar yang tahan terhadap gesekan gigi ikan serta kuat untuk menarik bobot ikan sekitar 15–20 kg. dikarenakan ketika kamu mendapat ikan gabus yang besar senar tidak putus dengan mudahnya.

Umum-nya seorang yang hobi memancing yang sudah terbiasa memakai mata pancing yang ber-variasi antara besar dan kecil, hal semacam ini mempunyai  tujuan untuk mengantisipasi mancing di sungai atau rawa dengan target ikan yang kecil. Bentuk serta ukuran jaron usahakan dengan jenis fast tapper, karena liar nya fight ikan gabus atau ikan kutuk ini dapat merusak joran dan patah.

Teknik Memancing Ikan Gabus yang Benar

  1. Sebelum memancing ikan gabus pastikan waktu kamu memancing tepat. Salah memilih waktu akan berakibat ZONK. Waktu yang paling tepat ialh di pagi dan pada sore hari. Kenapa begitu ? dikarenakan di saat itulah ikan gabus  keluar dari persembunyian-nya untuk mencari makan. Dan di siang hari ikan gabus akan bersembunyi atau berada di dasar air serta berlindung dari terik matahari.
  2. Saat kamu berada dispot tertentu,usahakanlah jangan membuat suara ramai ataupun bising, kafena ikan gabus termasuk ikan dengan kepekaan tinggi. Ikan gabus akan langsung lari bila mendengar suara berisik di pinggir perairan.
  3. Karena ikan gabus ikan yang agresif dan punya tarikan yang mantap, jadi pakailah alat pancing yang bagus serta senar yang kuat pula.  Pakailah pelampung yang tidak terlalu besar agar saat umpan disambar dapat terlihat, agar Ikan gabus tertarik  dan akan langsung menyambar umpan dan membawanya.
  4. Sebaiknya pakailah mata kail hang berukuran sedang. Ukuran mulut ikan gabus yang besar memungkin kan memakan umpan ukuran besar juga. Pemakaian kail kecil akan mudah putus dikarenakan ukuran mulut ikan yang lebar dan gigi ikan yang sangat tajam.
  5. Kamu juga dapat menanam umpan ditepian sungai atau rawa. Gunakan umpan hidup seperti belalang, jangkrik, anakan katak. Usaahakan umpan mengambang di permukaan air agar umpan bergerak gerak sehingga menimbulkan suara gemericik air. Suara itulah yang akan mengundang ikan gabus atau ikan khutuk datang menyambar. Diamkan beberapa saat sampai umpan disambar.

Penutup

Silahkan kamu coba beberapa daftar umpan gabus diatas, yang perlu diperhatikan yaitu kamu harus menyesuaikan umpan disetip tempatnya saja.

Jadi begitulah untuk artikel kali ini yang bisa share kali ini, semoga dapat menambah wawasan dan semoga bermanfaat. Salam mancing mania!

2 Replies to “9 Umpan Ikan Gabus Liar Paling Jitu yang Susah…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *