Umpan Jitu Ikan Toman

2 min read

Umpan Mancing Ikan Toman

Daging Ayam

siapkan 1/4 daging ayam bagian dada/paha.
buang bagian kulit ayam.
Potong kecil –  kecil daging ayam menyerupai dadu dan kaitkan pada kail yang akan dilemparkan.

Kadal

Cara memasangkannya memerlukan dua mata kail. Untuk kail yang pertama kaitkan pankal lehernya dan mata kail yang kedua kaitkan di pangkal ekornya.

Anakan Ikan Lele Atau Ikan Kecil

Belilah anakan lele dengan diameter sekitar 2 jari. adapun umpan beong lele lebih baiknya menggunakan pelampung supaya umpan bergerak bebas dan memikat perhatian toman.

Katak Kecil Atau Percil

Gunakan anakan katak yang masih hidup selanjutnya kaitkan pada mata pancing. Usahakan katak masih hidup serta bisa bergerak ketika joran dilemparkan.
Gerakan dari katak ini akan memikat perhatian ikan toman untuk melahapnya.

Ikan sepat

Ikan sepat juga ampuh untuk mancing ikan toman yakni dengan menggunakan cara mengaitkan mata kail kebagian punggungnya, tetapi kondisi hidup supaya toman terpikat dan mengkonsumsi umpan tersebut.

Cicak

Caranya kaitkan mata pancing di bagian pinggang cicak supaya cicak tetap dalam kondisi hidup.

Belut

Potong belut menjadi 2 bagian lalu tampung darahnya kedalam wadah.
Potong belut menjadi potongan potongan kecil.
Lalu kaitkan pada mata kail dan celupkan kedalam darah.
Umpan siap untuk dipakai dan dilempar disungai.

Karakter Umum Ikan Toman

adapun Ikan toman sering mengalami perubahan warna kulitnya, yakni mulai dari garis garis dan kemerahan serta mengembangkan pola kebiru-hitam-putihan pada tubug sebelah atas.

Ikan ini juga mempunyai kekuatan untuk melompat ke atas permukaan air dan menghirup udara ke permukaan air. Namun, ikan ini hanya dapat melakukan hal ini di tempat tempat yang berlumpur seperti di daerah rawa-rawa.

Baik ikan toman maupun ikan gabus memiliki sifat yang sangat sensitif dengan panas. apabila air sungai atau danau memanas maka ikan toman akan pergi kepinggir di bawah ranting-ranting atau tumbuhan air.

Ikan toman akan memburu mangsanya tetapi pada saat matahari terik ikan toman lebih suka berdiam di tempat yang lebih teduh.

Teknik Mancing Ikan Toman

Hal pertama tentunya tentukan spot yang potensial, yang dirasa banyak ikan toman. Ikan toman sangat sangat suka rawa rawa dengan banyak ditumbuhi tumbuhan air. Hal tersebut dikarenakan daerah tersebut banyak sumber makanan .

adapun waktu yang pas untuk memancing ikan toman ialah sewaktu pagi hari sekitar jam 07;00 wib dan sore hari jam 15;00 wib. Bila tetap memaksa ingin mancing di siang hari maka wajib bersabar ekstra.

pakai joran yang lentur karena takutnya saat disambar ikan toman dengan sambaran yang liar joran akan rusak. gunakan senar dengan kekuatan 20 kg, dimaksudkan untuk berjaga – jaga bila memperoleh sambaran babon toman.

Untuk kail ukuran 8 dirasa pas. Itulah umpan jitu ikan toman dan tips mancingnya.

Cara Mancing Ikan Toman Umpan Ikan Nila
umpan nila hidup atau belida. Dengan kaitkan kail ke ekor ikan nila supaya umpan tetap berenang di dalam air dan memikat perhatian ikan toman. Untuk umpan yang mati dapat memakai irisan daging belut dan di celupkan ke dalam darah belut yang terlebih dahulu.

Juga dapat memakai daging ayam atau daging sapi sebagai pengganti.

Ikan toman mampu hidup dimana kadar oksigen yang sedikit dan daya tahan yang sangat tinggi seperti lele. Ikan toman sangat populer akan tubuhnya yang mempunyai ukuran besar dan berat yang mencapai 5 kilogram.

Dagingnya pun juga lezat menjadi salah satu ikan kesukaan warga lokal kalimantan.  mancing ikan toman  juga bisa memakai umpan palsu berupa kayu menyerupai bentuk ikan dengan teknik popping.

Teknik ini biasa di lakukan oleh para pemancing berpengalaman yang sangat efektif. Teknik popping bisa di arahkan ke rumpon atau bawah pohon yang mana jadi sarang ikan toman.
Cukup sekian artikel tentang ikan toman. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Salam Mancing Mania Mantap.

Umpan Ikan Patin

Wo Wor
2 min read

Umpan Ikan Gabus Liar

Wo Wor
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *